Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AC POLYTRON INVERTER OUTDOOR TIDAK KERJA

Saya uraiakan AC Polytron Outdoor Inverter tidak berfungsi. Bagaimana kabarmu semua? Semoga sehat selalu. Rasanya lama tidak memperbarui tulisan, ketika menulis itu masih terbatas.

Pada kesempatan ini kita akan membahas sedikit tentang Polytron merek Inverter AC sebenarnya hanya info karena kita tidak memiliki data yang memadai tentang jenis AC ini. Kerusakan tidak ada unit outdoor kerja. Hanya saja kali ini ada jenis pendingin udara inverter ini yang berhenti di bengkel kami. Menurut pengamatan kami tipe ini menggunakan komunikasi data dua arah seperti pada inverter tajam AC, berbeda dari Samsung AC Inverter yang telah kita bahas beberapa waktu lalu yang merupakan jalur data hanya satu arah.


Catatan sensor yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Pipa Indoor Thermic
2. Thermis dari ruang dalam ruangan
3. Thermis Outdoor Space = Rentang 4 Kohm
4. Thermic Pipe Condenser = Rentang 4 Kohm
5. Debit Pipa Termisik = Rentang 50 Kohm
6. Termostat kompresor, ketika lebih dari panas akan terbuka


Kipas Motorbike Kipas dalam ruangan dan kipas angin keduanya menggunakan tegangan daya AC. Kipas LUAR selalu kecepatan penuh, kontrol on-off yang memakai relay. Kekhawatirannya adalah dioda jembatan untuk tegangan 300VDC menggunakan ICS seperti IC IPM, kami tidak punya waktu untuk membongkar bagian ini sehingga kami tidak memiliki data. Semua diskusi di bawah ini hanya tentang bagian-bagian outdoor.

Setelah memeriksa dan pengukuran lebih lanjut, ternyata masalah awal pada catu daya, tegangan output hanya keluar 2V pada tegangan yang harus 12v. Catu daya IC menggunakan VIPER22A, penggantian semua komponen bagian catu daya tidak menghasilkan hasil, kesimpulan kami kerusakan pada transformator switching. Pengalaman kami di medan perang, satu merek kelemahan ini pada switching transformer terutama pada mesin cuci memuat atas. Sebenarnya dapat diperbaiki dengan merekrut transformator, tetapi jika waktu tidak cukup, kita dapat menggunakan alternatif lain, yang menggunakan transformator konvensional.
modul inverter
Gb.1. Modul outdoor polytron
Sebelum mengganti transformator, kita harus tahu dengan pasti modul tegangan yang dibutuhkan. Pada tegangan AC ini diperlukan ada dua dan terpisah, makna tegangan 0V atau darat dipisahkan dan dipisahkan dengan catu daya primer tanah (-300VDC), yaitu:
  • Voltase 12V untuk relay fan outdoor dan 5v untuk micom outdoor diambil dari 12V melalui IC 7805.
  • Tegangan 15V untuk IC IC dan 5V untuk IC kontrol IC diambil dari 15V melalui IC 7805.
Dari data, kita memerlukan 2 transformator konvensional (transformator biasa) meskipun mereka benar-benar dapat menggunakan 1 transformator dengan membagi jalur transformator di CT (Ketuk tengah) tetapi bagi kita metode ini memiliki risiko jika transformator terbakar, mikom dan Bagian driver IPM akan terintegrasi (gandar) dan akibatnya kami tidak tahu pasti apakah ini terjadi maka cara teraman adalah menggunakan 2 transformer. Kita dapat menggunakan transformator 1A CT dengan tegangan output 12V ke 24V menggunakan 2 dioda dan CT sebagai 0V (ground) atau dengan 4 dioda (jembatan) dan CT tidak digunakan. Kami juga dapat menggunakan 1A Transformers 0 (nol) dengan tegangan output hingga 18V menggunakan 4 dioda (jembatan). Kami tidak akan membahas adaptor tentang diskusi ini karena ada banyak artikel tentang cara membuat adaptor di Internet.
Tegangan 12V dan 5V. 
  • Tegangan keluar dari adaptor harus setidaknya 15VDC kemudian berkurang pada 7812 dan 7805 sehingga outputnya stabil, 7805 sudah ada dalam modul.
  • Tegangan 15V dan 5V. Adaptor tegangan minimum setidaknya 18V, dapat terhubung langsung ke modul karena dalam modul ada 7815 dan 7805.
Gb.2. Adaptor
Penggunaan tegangan output transformator lebih besar dari tegangan yang diperlukan adalah untuk stabilisasi tegangan regulator output, ini dimaksudkan jika tegangan listrik meningkat kemudian tegangan sebelum memasuki regulator masih lebih tinggi dari output regulator. Misalnya, kami menggunakan regulator 7812, input setidaknya 13V ketika tegangan listrik minimal sehingga biasanya digunakan tegangan input 15 - 18V. Pelajaran yang kami peroleh dari awal pembelajaran bahwa hal teraman adalah bahwa regulator input tegangan IC adalah VO +1 ke vox2 di mana VO adalah tegangan output tetapi merupakan pelajaran di masa lalu jika setiap orang dapat melihat lembar data setiap bagian.

Untuk memfasilitasi instalasi jalur listrik L-N dan jalur output kami memberikan soket konektor sehingga ketika instalasi dan menghapus modul hanya menginjak dan menariknya keluar. Penempatan transformator harus aman dan sekuat mungkin. Setelah kami mengubah catu daya menggunakan adaptor unit AC dapat bekerja secara normal, itu hanya masalah pada catu daya.

Dengan demikian diskusi pada kesempatan ini kali ini, maaf jika ada sesuatu yang salah, semoga bermanfaat dan jika ada hal-hal yang tidak dapat ditanyakan di kolom komentar atau nomor wa obrolan ada di judul blog, kita akan menjawab sesuai dengan kemampuan kita.

2 comments for "AC POLYTRON INVERTER OUTDOOR TIDAK KERJA"