Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA PERBAIKI MICROWAVE

CARA PERBAIKI MICROWAVE MATI TOTAL ATAU TIDAK BISA START

Salam sejahtera untuk Sobat semua, semoga kita selalu diberi kesehatan dan kelapangan.
Pada kesempatan kali ini kami bahas tentang alat masak yaitu microwave, perkakas yang jarang masuk ke bengkel kami. Banyak perkakas yang dulunya manual sekarang sudah pakai kontrol elektronik. Misalnya magicom saja sekarang pakai modul kontrol bila diperhatikan modulnya lebih rumit dari modul ac split biasa.

Pembahasan microwave ini tidak menitikberatkan pada modul kontrol.
Beberapa pernah ada yang mengalami kerusakan pada power suplai yaitu yang menggunakan power suplai ac matic, sementara yang menggunakan trafo konvensional kami belum pernah menemui kerusakan pada modul, lebih awet yang memakai trafo biasa.

Urutan pengecekannya adalah:
1. Power suplai
2. Bagian kontrol
3. Bagian thermostat, saklar/switch, fuse
4. Relai
5. Trafo step up
6. Dioda tegangan tinggi
7. Kapasitor tegangan tinggi
8. Magnetron

Cara ukur dioda tegangan tinggi memakai multitester skala yang kami gunakan adalah x10k multitester analog/jarum. Kalo bolak-balik hubung meski sedikit berarti rusak.
Cara ukur magnetron, pada kedua pin-nya nyambung, bila diukur terhadap bodinya pakai skala x10k hasilnya hubung meski sedikit berarti short bodi (rusak). Yang pernah kami alami adalah short pada plastik pembungkus pin konektor dan kasus seperti ini masih bisa diperbaiki.
Namun dipastikan dulu letak short dengan bodinya dimana yaitu dengan cara memotong jalur yang menuju ke dalam magnetron.
Gb.5. Bagian konektor magnetron
Konektor sebenarnya bisa diganti bila ada suku cadangnya bila tidak menemukan maka harus dimodifikasi.  Kami melakukannya dengan membuang bagian plastik kemudian mengecornya dengan semen atau pakai dempul plastik atau pakai resin, pokoknya bahan isolatif resistensi tinggi atau mendekati tak berhingga dan yang tahan panas. Bisa juga pakai kabel flayback televisi yang dibungkus dengan isolatif selongsong tahan panas (umumnya warna putih) dua lapis atau lebih dan pasang sekuat mungkin jangan sampai goyang. Cara sambungnya? Sobat-sobat bisa cari cara tersendiri yang penting kuat dan aman, hal ini penting karena sambungan aslinya adalah dilas.

Kasus mati total biasanya di power suplai dan/atau di modul kontrol termasuk tombol.
Kasus tidak bisa "start" (displai dan tombol semua/sebagian normal) biasanya di jalur tombol, sensor-sensor dan relai.
Berikut ini adalah contoh pada microwave panasonic:

Gb. 1. Modul kontrol
Gb.2. Beberapa bagian dalam microwave
Kami memakai contoh merek tersebut karena sistemya lebih lengkap, selain sensor saklar dan thermostat juga menggunakan thermistor. Apabila 0V atau groung modul tidak disambungkan ke bodi besi microwave maka tidak akan bisa di start. Ukuran thermis yang kami peroleh adalah kisaran 50kohm, sudah terbayang susahnya mencari thermis seukuran itu bila thermis rusak, yaahh dimodiflah ..😂😂😂.
Gb.3. Bagian displai dan tombol
Gb.4. Modifikasi tombol
Yang berat juga adalah pengerjaan modifikasi panel tombol,  karena beberapa tombol tidak fungsi apalagi tombol start dan stop. Tombol pada tipe ini menggunakan circuit on film yang biasanya disebut "cof" meski hanya jalur saja tidak ada komponen lain selain carbon film pada bagian plastik depan. Jalurnya seperti pada keyboard komputer kalau Sobat-sobar pernah bongkar. Panel tombol ini bila dipaksa bongkar maka jalurnya akan sobek dan putus, karena asumsi kami jalurnya ada yang putus karena beberapa tombol penting tidak berfungsi maka terpaksa harus dibongkar dan dimodifikasi. Pengerjaan modifikasi memakan waktu lama bila harus jadi dengan segera beli saja panel tombol ke service center bila ada. Kami belum tahu ada tidaknya atau harganya karena meski adapun teknisi jalanan biasanya tidak boleh beli.
Banyak tombolnya ada 30 buah dan jalurnya juga banyak butuh kesabaran dan ketelitian, bahannya pakai pcb lubang kecil, tombol switch dan kabel jumper. Kerjakan di waktu luang saja, biaya onderdil tidak mahal tetapi waktunya yang lama (mahal). Konektor di modul juga harus diganti, kita bisa memakai soket bekas atau baru dengan isi kabel 9 buah.

Andaikan semua suku cadang tersedia dengan mudah maka pekerjaan akan sangat mudah, betulkah demikian? Namun disisi lain kesulitan ada hikmahnya yaitu menjadikan kita kreatif dan selalu mencari ide baru. Negeri yang sumber daya alamnya terbatas dan iklim alamnya ekstrem biasanya seoptimal mungkin dalam berkreatifitas.

Demikian bahasan sederhana kami semoga bisa menjadi manfaat dan maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat.


Post a Comment for "CARA PERBAIKI MICROWAVE"