Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DINAMO MOTOR BERPUTAR SAAT POWER ON SEBELUM START

Salam sejahtera untuk Sobat semua, semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam semua urusan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai mesin cuci top loading dimana trobelnya adalah dinamo motor langsung berputar pada saat ada tegangan listrik atau dinamo motor berputar setelah tombol power (ON) ditekan sebelum ditekan START.

Hal ini beberapa kali kami temui baik pada merek polytron, sanyo, electrolux dan lain-lain. Pada pertama kali menemui kasus ini penggantian triac driver motor hanya bertahan 1 minggu dan ada sobat yang mengalami kasus yang sama ternyata penggantian triac hanya bertahan 1 hari. Hal ini pernah kami bahas pada bahasan yang terdahulu tetapi ada beberapa sobat yang minta hal ini dibahas kembali.

Gb.1. Modul Top Loading Electrolux
Kerusakan pada triac/acs yang sering rusak ada beberapa sebab yaitu:
1. Beban triac/acs terlalu besar atau beban bermasalah.
2. Triac/acs sudah lemah.
3. Sinyal dari micom.

Beban triac/acs pada mesin cuci pada umumnya adalah:
1. Solenoid (water inlet)
2. Motor drain (water outlet)
3. Putaran motor kanan dan kiri
4. Doorlock

Bila triac/acs rusak maka kita harus cek kondisi beban (load) dan kabelnya. Pada bahasan kali ini kami hanya akan fokus pada top loading yaitu pada triac dinamo motor putaran kanan dan kiri.
Putaran dinamo motor kanan-kiri pada top loading (pintu atas) berbeda dengan front loading (pintu depan), pada top loading putaran kanan-kiri dikendalikan oleh triac pada masing-masing putaran, pada front loading putaran kanan-kiri dikendalikan dengan relai dan triac hanya sebagai kendali kecepatan putar.

Tanda triac dinamo motor konslet (short) adalah ketika modul kontrol di-ON-kan maka dinamo motor langsung berputar bisa putaran kanan atau kiri dan apabila kedua triac short maka dinamo motor berputar sangat lambat disertai dengan dengungan hal ini karena putaran kanan dan kiri bekerja bersamaan.

Biasanya bila kami menemui kasus triac dinamo motor short maka hal yang kami lakukan tentunya mengganti triac tetapi apabila yang kami dapatkan triac yang bodi logam (misal BT138) maka pendingin (heatsink) harus dipotong, seperti pada gambar 1 di atas. Modul pada gambar 1 di atas adalah modul top loading electrolux dimana kedua triac dinamo motor short dan kami menggantinya pakai BT138 sehingga pendingin kami potong karena kaki tengah triac terhubung ke bodi logam (tab). Seingat kami ada triac bodi logam yang bodi logamnya tidak terhubung ke pin kakinya semisal BTA12, silakan Sobat ukur sendiri, siapa tahu anggapan kami salah. Paling mudah adalah mengganti triac yang bodinya bukan logam, misalnya kita ambil dari modul bekas.

Sebelum penggantian triac ada hal penting yang harus diperhatikan karena kemungkinan penyebab rusaknya triac adalah micom. Bagaimana hal ini terjadi?? Pada awal menemui kasus ini pun kami sempat merasa aneh juga dan sampai saat ini kami belum menemukan penyebabnya dan kami tidak tertarik untuk mencari tahu penyebabnya namun kami lebih tertarik mencari cara mengatasinya dengan cara melakukan modifikasi.

Hal terpenting tersebut adalah ketika modul kontrol diberi tegangan listrik dan/atau di-ON-kan ada kerja sesaat (kisaran 1 detik) pada masing-masing beban. Menurut analisa kami inilah penyebab triac dinamo motor jebol karena putaran kanan dan kiri bekerja bersamaan, kalo beban selain dinamo motor tidak masalah. Cara mengatasi hal ini kita harus melakukan modifikasi pada relai kontak jalur kabel common. Relai common juga termasuk beban dari ULN2003 (ic array), sebisa mungkin kita menunda relai common bekerja pada saat semua beban bekerja sesaat, intinya sebenarnya disitu. 

Gb.2. Modif Relai Common
Modifikasi seperti pada gabar 2 di atas kita menggunakan tambahan elko 1000uf/16V.
Hal ini sudah kami coba beberapa kali dan berhasil tetapi kami gagal pada modul seperti gambar 1 di atas karena dugaan kami ada jalur karatan/terbakar. Daripada komplain setelah beberapa hari lagi maka kami memakai jurus terakhir yaitu mengganti triac dinamo motor dengan relai dan jangan lupa buang saja triac-nya.

Bagaimana bila modul tidak menggunakan relai common?? Misal pada modul polytron maka kita langsung mengganti triac dinamo motor dengan relai karena di modulnya relai common tidak dipasang atau dinonaktifkan.

Adapun skema sederhananya adalah sebagai berikut:
Gb.3. Modifikasi Triac Motor dengan Relai
Relai yang kita gunakan adalah sesuai dengan tegangan "jalur bersama" yaitu jalur output power suplai (skunder) yang terhubung dengan jalur listrik. Pada modul electrolux ini tegangan yang terhubung jalur listrik adalah 5V maka kita memakai relai 5V. Contoh modul yang tegangan 12V  yang terhubung ke listrik adalah samsung sehingga relai yang digunakan adalah relai 12V.

Mungkin ada sebagian orang yang berpandangan untuk apa modul diperbaiki karena sudah banyak modul tiruan atau asli yang dijual dipasaran dengan harga yang terjangkau. Kami bertahun-tahun meneliti modul kontrol untuk memberikan harga servis yang murah. Sekarang para pengguna (user) bisa beli modul sendiri dan bisa memasangnya sendiri, hanya plug and play begitu mudahnya namun demikian belum semua modul ada di pasaran terutama yang inverter ataupun front loading. Sekarang ini kita bersaing tidak hanya dengan service center tetapi dengan produsen modul tiruan juga 😂😂😂😂.

Demikian Sobat semua, pengalaman yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat dan maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat.


Post a Comment for "DINAMO MOTOR BERPUTAR SAAT POWER ON SEBELUM START"