Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DRIVER (PENGGERAK) FAN MOTOR INDOOR AC STANDARD

DRIVER (PENGGERAK) FAN MOTOR INDOOR AC STANDARD

Salam sejahtera Sobat semua, semoga selalu diberi kesehatan, keselamatan dan kemudahan dalam segala urusan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai beberapa driver fan motor air conditioner (ac). Tetapi data yang kami kumpulkan tentunya masih banyak kekurangan, belum semua modul kontrol tercakup dalam bahasan ini. Kami hanya menyampaikan beberapa modul sebagai sampel saja.

1. POLYTRON

Gb.1. Driver Fan Indoor AC Polytron

Gambar 1 di atas adalah driver motor fan indoor pada ac merek polytron, pada gambar sebelah kiri menggunakan elektronik yang lebih rumit namun sparepart mudah di dapat di pasaran. Kode ukuran resistor kami memakai kode angka, misal 600 = 60 ohm. R snubber memakai ukuran 1 watt karena akan panas bisa sistem beroperasi. Triac BT131 bisa diganti dengan seri yang lain tetapi harus menyesuaikan karakter kaki-kakinya. Pada gambar kanan rangkaiannya sangat sederhana dan efisien tempat tetapi kadang susah mendapatkan sparepart  di pasaran yaitu memakai SSR optotriac dimana di dalam chipnya ada optocoupler dan 2 buah triac dengan sistem zerocross, untuk lebih jelasnya silakan Sobat buka sendiri datasheetnya.

2. SAMSUNG


Gb.2. Driver Fan Indoor AC Samsung

Pada gambar 2 di atas, gambar bagian kiri merupakan driver fan motor pada samsung cina mirip dengan polytron sedangkan pada gambar sebelah kanan merupakan driver fan motor samsung non-cina. Samsung non-cina menggunakan SSR tipe pipih, sinyal perintah dari micom menuju switching uln2003 atau transistor tergantung tipe modulnya. Bila sparepart susah didapatkan dipasaran kita bisa melakukan modifikasi tetapi dengan kerja keras dikit dan teliti.

3. SHARP DAN PANASONIC

Gb.3. Driver Fan Indoor Sharp dan Panasonic

Pada gambar 3 di atas, gambar kiri adalah driver fan indoor pada ac sharp yang sangat mirip dengan polytron tetapi pada tipe lain ada juga yang menggunakan SSR pipih.

Gambar sebelah kanan adalah driver fan indoor pada ac panasonic yang menggunakan optotriac TLP360J sebagai jembatan perintah kemudian outputnya menuju triac sebagai penguat akhir. Penggunaan optotriac akan lebih sederhana dibandingkan bila menggunakan optocoupler seperti pada modul polytron. Dari hal ini kita harus hati-hati dalam penggantian optotriac jangan salah diganti dengan optocoupler sebelum penggantian kita bisa lihat datasheetnya terlebih dahulu.

4. LG

Gb.4. Driver fan indoor LG

Pada skema  driver fan modul ac lg mirip dengan panasonic menggunakan optotriac dan triac tetapi menggunakan optotriac yang berbeda meski fungsinya sama. 

Beberapa gambar yang kami bahas di atas hanya mewakili beberapa tipe driver fan motor pada modul ac standard dan tipe fan indoornya bukan inverter, untuk driver fan indoor tipe inverter akan kami bahas pada postingan yang berikutnya, insyaa Alloh. Untuk beberapa tahun ke depan kami memperkirakan bahwa hal yang kami bahas ini kemungkinan hanya tinggal kenangan karena teknologi yang dipakai akan berganti yang bersifat plug and play dan hanya sedikit bagian yang bisa diperbaiki oleh teknisi jalanan. Maaf kalau pendapat kami ini tidak sepenuhnya benar karena data modul terbaru yang kami amati hanya merek daikin inverter untuk tipe terbaru merek lain kami belum pernah mengamati.

Sementara kami simpulkan bahwa ada beberapa tipe driver fan motor indoor noninverter yaitu:

  1. Memakai optocoupler dan triac
  2. Memakai SSR
  3. Memakai optotriac dan triac
  4. Memakai Relai kontak (tidak kami bahas disini). Memakai 3 buah relai, tidak digunakan lagi untuk fan motor watt kecil, digunakan pada fan motor dengan watt besar.

Cara kerja driver ini kecuali relai kontak adalah adanya perbedaan tegangan atau arus antara input sumber tegangan dengan sinyal input.

Catatan Penting, penyebab dinamo fan indoor tidak kerja/berputar adalah:

  1. Lilitan motor putus ataupun terbakar
  2. Kapasitor lemah/rusak
  3. Driver motor bermasalah
  4. Sensor listrik
  5. Sinyal dari micom

Mengenai sensor listrik (ac detector) pernah kami bahas pada bahasan terdahulu, tetapi perlu diingat bahwa setiap merek mempunyai skema yang berbeda.

Untuk beberapa waktu kedepan kami akan membahas mengenai driver motor fan inverter model lama dimana ic IPM ada di dalam motor fan yang berbeda dengan teknologi terbaru dimana ic IPM ada di luar motor fan menyatu dengan mainboard modul.

Demikian bahasan kami pada kesempatan kali ini maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "DRIVER (PENGGERAK) FAN MOTOR INDOOR AC STANDARD"