Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ERROR Err MESIN CUCI ELECTROLUX

MESIN CUCI ELECTROLUX ERROR Err 

Salam sejahtera Sobat-sobat yang budiman, semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala hal. Perkembangan elektronik khususnya di modul kontrol dan perangkat yang berhubungan dengannya sangat mencengangkan dimana target outputnya adalah efisiensi dari sisi produsen maupun konsumen tetapi disisi lain ada efek yang "tidak menyenangkan" dari sisi konsumen yaitu tidak awetnya produk dan pembatasan usia produk. Semakin canggih suatu sistem dan semakin banyak komponen yang terlibat akan mengakibatkan semakin mudah pula terjadi permasalahan. Perbaikan modul kontrol hanyalah jalan alternatif termurah dan tidak selamanya mudah bagi "teknisi jalanan" seperti kami. Bagi produsen perbaikan modul tidaklah direkomensaikan (not recommended) mungkin hal ini hanya berlaku di negeri yang secara ekonomi bisa dibilang "maju" ini hanya asumsi kami saja berbeda dengan negeri yang belum maju secara ekonomi apapun akan dilakukan asal bisa "irit" namun hasilnya memuaskan. Di jaman informasi terbuka saat ini pemilik produk (pengguna/user) dengan mudah mendapatkan informasi mengenai data dan harga sparepart termasuk modul kontrol sehingga dengan mudah bisa menghitung biaya perbaikan unit dengan jalan penggantian modul kontrol baru atau perbaikan modul kontrol.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai mesin cuci electrolux tipe EW2408F dan tipe lain yang modulnya sama atau mirip.
Displai EW2408F
Beberapa waktu lalu modul ini membuat kami merasa berat dimana error awalnya di angka digital hanya muncul 3 strip dan terkadang blank (tampa tampilan apapun) hanya tombol skip/reset dan delay yang berfungsi tetapi kedua tombol ini bila ditekan akan muncul tulisan Err  sebenarnya pada kondisi normal pesan Err akan muncul ketika pada saat proses berlangsung kita menekan tombol selain start/pause, bisa juga muncul ketika kita menekan tombol yang tidak sesuai pilihan pemrograman.

Untuk mengetahui permasalahannya, sebagai langkah awal, maka kita melakukan "diagnostic test" yaitu dengan cara pada posisi mati (off) kita tekan tombol *start/pause* + *skip/reset* secara bersamaan dan tahan (jangan dilepas) kemudian nyalakan power setelah ada bunyi buzzer (beep) lepaskan kedua tombol maka lampu led akan nyala satu per satu berurutan. Berikutnya tekan tombol *fabrics* sehingga led cotton akan menyala tunggu beberapa detik maka akan muncul kode error. Bila kode error tidak muncul maka tekan lagi tombol *fabrics* maka led synthetics akan menyala tunggu hingga muncul kode error bila kode tidak muncul maka lakukan langkah berikutnya.

Kode error yang kami temui adalah E51 yang mengindikasikan error pada dinamo motor dan jalur yang berhubungan dengan dinamo. Setelah melakukan pengukuran semua tampak normal. Belum ada hasil justru tambah pusing😁😁😁.

Pada saat standby power suplai diukur tampak normal untuk 12V dan 5V. IC power suplai menggunakan TOP209P. Jurus berikutnya dan semoga yang terakhir adalah injek power suplai memakai power suplai external cara ini beberapa kali sudah membuahkan hasil menggembirakan, berikut ini adalah skema sederhananya, Sobat jangan salah jumper bila menggunakan power suplai external karena bagi yang baru kenal model power suplai modul jenis ini mungkin merasa janggal, bila salah jumper fatal akibatnya.
Gb.1. Inject Power Suplai
Semoga gambar kami di atas mudah dipahami dan bagian yang harus dilepas adalah ic power suplai dan trafonya (bagian yang kami beri blok warna kuning). Power suplai untuk injek bisa pakai ac matic dvd, adaptor trafo konvensional atau lainnya yang penting tegangan 12v dan 5v normal dan stabil.

Setelah penggantian power suplai hasilnya ada perubahan sedikit bagian displai sudah bisa menyala dan bisa diprogram proses pencucian namun ketika ditekan start tidak ada operasi apapun. Sampai disini, kasus-kasus yang ada pada electrolux dan sharp benar-benar menimbulkan banyak pertanyaan tanpa jawaban. Menurut analisa kami, modul-modul tipe "high voltage sensor" atau sensor tegangan tinggi (220VAC) sangatlah sensitif dan rentan terhadap gangguan listrik atau kondisi yang disensor misalnya:
1. Output triac motor pompa
2. Output triac/relai doorlock
3. Output kontaktor door lock
4. Output relai pemanas/heater
5. Output triac dinamo motor
Kelima hal diatas hanya sebagai contoh saja dan sensor yang digunakan adalah resistor dengan tahanan ratusan kiloohm langsung menuju micom dan ketika ada gangguan listrik atau gangguan beban sedikit saja kemungkinan akan terjadi error, jadi harus kita pastikan kondisi listrik benar-benar normal/stabil dan beban (misal pompa) harus normal juga . Dalam hal ini ada perbedaan yang signifikan dengan modul-modul buatan "negeri ginseng" dimana sensor-sensor menggunakan rangkaian elektronik semisal photocoupler atau ic op-amp (operational amplifier).

Langkah berikutnya adalah 'tes paksa', cara ini hanya berlaku bila kalau kita tahu caranya karena tidak semua produsen membocorkan caranya. Mungkin di internet sudah ada yang membahasnya, kami tidak sempat membuka internet, cara untuk modul ini tidak sengaja kami dapatkan yaitu pada posisi 'diagnostic test' setelah muncul kode error ataupun tidak kita tekan tombol 'start' akan muncul angka 0 (nol) di layar displai kemudian diamkan saja maka 'running test' akan berjalan dan bila tidak ada reaksi apapun maka setelah muncul angka nol matikan melalui saklar atau cabut listrik. Setelah kira-kira 3 detik, hidupkan lagi mesin cucinya maka 'running test' akan berjalan dari door lock, water inlet, motor utama, pompa sirkulasi/bubble, heater dan pompa drain, tunggu sampai semua proses selesai prosesnya lumayan lama, alangkah baiknya sediakan tikar dan bantal untuk rehat πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Pada saat running test buzzer akan bunyi terus dan dilayar displai akan muncul EEE terkadang EE0 entah apa maksudnya. Untuk listrik 900W gantilah pemanas dengan bolam 100W, mengapa demikian, Sobat bisa buktikan sendiri bila suatu saat menemui kasus yang sama dengan kami.

Pada tes ini yang kami alami ternyata pompa drain tidak bekerja, padahal jelas-jelas errornya E51. Pompa dan jalurnya di modul sudah kami pastikan baik-baik saja, setelah solder ulang jalur pompa saatnya diuji coba lagi. Setelah 'start' pompa bisa bekerja kemudian kami matikan lagi dan hidupkan dan start lagi pompa tidak bekerja lagi. Trial berikutnya kami kembalikan power suplai aslinya dan hasilnya mesin cuci kembali normal tanpa ada error, disamping senang dan bersyukur masih ada satu kata yaitu 'aneh'.

Sobat semua, demikian yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat meski tidak ada solusi pasti setidaknya bisa menambah pengetahuan. Jikalau harga modul kontrol murah meriah dan mudah didapat mungkin kami tidak akan membahas tentang modul lagi. Cukup sekian dulu dan maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat.


Post a Comment for "ERROR Err MESIN CUCI ELECTROLUX"