Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ERROR LE1 DAN BERHENTI SETELAH START PADA MESIN CUCI SAMSUNG

ERROR LE1 DAN BERHENTI SETELAH START SERTA SEMUA TOMBOL NONAKTIF

Salam sejahtera untuk Sobat semua.
Sebelumnya kami mohon maaf bila bahasan-bahasan kami yang sukar dipahami bagi sebagian sobat yang belum memahami sebagian besar teori dasar elektronik apalagi yang belum paham sama sekali tentang elektronik. Elektronik dasar yang terpenting adalah jenis komponen, fungsinya dan cara kerjanya hal itu sudah cukup dalam bidang perbaikan berbeda halnya bila kita di bidang desain elektronik. Kemampuan yang kami miliki hanya di bidang perbaikan karena kami tidak pernah sekolah di elektronika. Dengan memiliki pemahaman teori dasar elektronik dan teknik kita bisa melakukan modifikasi karena banyak komponen yang kita perlukan tidak mudah kita dapatkan. Elektronik sangat dinamis, ketika kita berhenti belajar kita akan ketinggalan jauh. Bila kita sudah punya ilmu meski sedikit maka ajarkan bila ada orang lain yang membutuhkan, jangan mengharap atau meminta imbalan kecuali diberi.

Pada kesempatan kali ini kami akan bahas sedikit mengenai modul mesin cuci Samsung, kami belum tahu tipenya kami hanya membahas beberapa trobel saja karena sebenarnya banyak bagian yang bisa dianalisa namun kami menitikberatkan pada gejala kerusakan yang kami alami di medan tempur yaitu:
  1. Error LE1
  2. Setelah Start beberapa detik kemudian berhenti operasi (hang) disertai semua tombol tidak berfungsi termasuk tombol power.
Gb.1. Modul Power Tampak Atas
A. ERROR LE1

Error jenis ini berhubungan dengan sensor power suplai, yaitu ketika power suplai tegangan output melebihi 12V dan power suplai tidak stabil. Padahal pada tipe modul lainnya error ini menunjukkan trobel pada jalur sensor water level atau ic penguat wlc (water level control).
Intinya tegangan pada kaki nomor 4 ic photocoupler PC817 harus ada kisaran 4 vdc, bila tegangannya 0 (nol) atau berdenyut maka akan muncul kode error LE1 pada bagian displai. Letak photocoupler bisa dilihat pada gambar berikut:
Gb. 2. Modul Power Tampak Bawah

B. TIBA-TIBA BERHENTI (HANG)

Kasus yang kami temui adalah kondisi digital dan lampu led pada saat berhenti tampilan displai masih pada tampilan perintah pemrograman atau posisi "pause" tetapi pompa drain tiba-tiba bekerja dan semua tombol (termasuk power) nonaktif ketika ditekan tombol apapun suara buzzer terdengar tidak sebagaimana mestinya dibanding pada kondisi normal.

Beberapa penyebab yang mengakibatkan berhenti mendadak pada modul tipe ini adalah:
1. Jalur komunikasi data terganggu.
2. Jalur water level terganggu.
3. Jalur tombol (key) yang menuju micom terganggu.
Gb. 3. Modul Displai
Pada modul tipe ini, jalur output water level menuju micom panel displai, ic penguat (op-amp) water level menyatu dengan water level, tegangan output dari water level kisaran 2,5V. Bil tegangan ini nilainya 0 (nol) atau kadang nol karena jalurnya konslet dengan ground maka proses yang sedang berjalan akan berhenti dengan tiba-tiba dan pompa drain akan aktif.
Gb.4. Jalur yang konslet
Tegangan jalur tombol (keys) yang menuju micom pada kondisi normal tegangannya adalah 0 (nol) volt, kecuali bila salah satu tombol ditekan maka akan ada tegangan kisaran 1V. Bila ada tegangan pada kondisi tidak ada penekanan tombol maka bisa dipastikan jalur konlset dengan jalur lain yang ada tegangannya. Bila jalur key diputus dekat kaki key micom dan masih ada tegangannya bisa dipastikan kaki key micom rusak cara mengatasinya pernah kami bahas pada bahasan terdahulu pada bahasan tombol tidak berfungsi pada modul top loading 13 tombol. Bila jalur key terus menerus ada tegangan maka tombol tidak akan aktif kecuali tombol power.

Jalur komunikasi data antar micom menggunakan Rx-Tx, jalur ini sering sekali bermasalah. Bila jalur ini bermasalah maka akan mengakibat tidak bisa ON, setelah ON terjadi hang atapun setelah beberapa menit proses akan terjadi hang. Semua tombol tidak berfungsi termasuk power ON dan motor drain akan aktif. Kami juga pernah membahas mengenai jalur Rx-Tx ini pada bahasan terdahulu, trobel yang sering terjadi adalah kaki-kaki transistor smd pengatur sinyal Rc-Tx konslet dengan jalur yang melalui bawah transistor tersebut.

Apabila micom displai mendeteksi adanya masalah pada water level sejak awal diberi aliran listrik maka "micom displai" akan memberi informasi kepada "micom power" untuk memerintahkan power suplai bekerja kemudian Relai Utama akan aktif, doorlock (DL) akan aktif dan pada pada saat di-ON-kan pompa drain akan aktif.

Pada kondisi standby tegangan jalur power on yang menuju power suplai adalah 0 (nol) volt. Output power suplai kisaran 8V untuk menyuplai Vcc kedua micom setelah melalui ic regulator 7805. Setelah tombol power ditekan (ON) maka micom power akan memerintahkan  power suplai bekerja tegangan jalur power on menjadi kisaran 4,5V, output power suplai menjadi 12V. Berikutnya micom memerintahkan relai utama bekerja, bila relai utama tidak bekerja maka akan muncul error UC (UnContact) ini salah satu sebab saja.

Bahasan-bahasan kami akan terasa sulit bahkan membingungkan bagi yang belum memahami elektronika, jangan-jangan kami dianggap memberi informasi yang menyesatkan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Kami tidak bisa banyak membantu bila ada sobat yang belajar online, elektronika beda dengan teknikal ataupun otomotif dimana sobat bisa meniru hanya melalui video. Bila ada yang ingin belajar modul mulai dari nol besar silakam datang ke tempat kami, semua ilmu gratis dan membawa bekal sendiri-sendiriπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Bagi sobat yang sudah mahir elektronika dasar bisa belajar dan meneliti modul secara mandiri, tetap semangat. Indonesia kuat  karena kemandirian kita bukan karena para pejabat yang digaji besar dengan uang rakyat.  Membuat produk sperti AC, Mesin Cuci dan lain-lain sebenarnya bukan hal yang sulit, negeri ini punya banyak generasi yang mumpuni tapi disia-siakan akhirnya ilmunya dibeli teknokrat luar negeri.

Demikian bahasan kami kali ini, maaf bila ada hal yang kurang tepat dan apa yang kami sampaikan membawa manfaat untuk kami dan Sobat-sobat semua.


Post a Comment for "ERROR LE1 DAN BERHENTI SETELAH START PADA MESIN CUCI SAMSUNG"