Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SKEMA POWER SUPLAI LG INVERTER DAN SAMSUNG

Inverter mesin cuci catu daya, LG dan Samsung. Bagaimana kabarmu, teknisi, dan pelajar modul, semoga selalu sehat dan terus semangat.

LG INVERTER DAN SAMSUNG INVETER, SKEMA POWER SUPLAI

Pada kesempatan ini kita membahas sedikit tentang inverter LG dan modul mesin cuci Samsung hanya pada catu daya dan hanya sebagai sampel sehingga tidak harus tepatnya, diskusi ini dimaksudkan sebagai arsip data kita tetapi jika ada teman yang membutuhkan Semoga bisa menjadi manfaat,

A. PSU LG Inverter

Gb.1. Skema Power Suplai Mesin Cuci LG inverter
Meskipun itu hanya gambar tangan, semoga bisa dipahami karena tangan yang biasanya membuat skema di komputer malas karena komputer sedang down.

Catu daya IC yang digunakan adalah TOP244YN, TOP244YN atau TOP249YN, perbedaannya hanya dalam Watts. Tegangan VCC adalah 9V sehingga perlu dibatasi pada ZD1 dan ZD2 yaitu 7V5. Daya maksimum untuk TOP244 adalah 34 watt, angka digit belakang semakin besar maka Watt juga lebih besar.

Catu daya output ada 3 yang seperti yang kita ingat adalah 12V, 12V dan 15V, catatan data kita hilang, semoga beberapa waktu di masa depan kita dapat memperbarui diskusi ini dengan data yang benar. Ini penting karena output dibagi menjadi dua jalur yang tidak terhubung, bagaimana mengetahui tegangan terpisah adalah mengukur kaki Elko dikurangi jika kaki elko dikurangi tidak terhubung, jalur tegangan terpisah.

Penggantian catu daya IC ketika rusak dapat diganti dengan jenis atau karakter yang sama tetapi jika sulit untuk mendapatkan komponen itu dapat dimodifikasi dengan berbagai cara, misalnya dengan 3 kabel gacun atau dengan transformator konvensional atau dengan catu daya eksternal. Ketika dengan 3 kabel gacun kita harus memastikan output tegangan benar-benar stabil, kita dapat menginstal regulator IC setelah ELKO setiap tegangan output sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh setiap beban, misalnya tegangan 15V untuk IPM IC maka kita gunakan 7815. Ketika transformator rusak switching kita dapat menggunakan catu daya eksternal atau transformer konvensional. Jika kita menggunakan transformator konvensional, kita perlu 2 transformer karena output jalur tegangan terpisah, ini kita telah membahas tentang diskusi tentang catu daya yang bertindak inverter Politron, Anda dapat membaca di sini.

Jadi kita harus mengenali tegangan yang digunakan dalam modul kontrol inverter pada mesin cuci sebelum kita memodifikasi catu daya.
Tegangan 15V untuk catu daya IC IC, pasti kita harus tahu kode IC IPM dan lembar data sehingga kita tahu VCC diperlukan. Untuk mengetahui kode IC IPM kami harus menghapus IC dari PCB tetapi ini tidak mudah jika PCB yang digunakan adalah sisi ganda (sisi ganda).
Voltase 12V untuk catu daya relay kontaktor
Tegangan 5V untuk catu daya Micom

B. PSU Samsung Inverter

Tidak seperti LG, Samsung biasanya menggunakan A60xx Type Power Supply IC (Stra6079) yang memiliki daya maksimum 24 watt atau menggunakan 2QR2280Z. Kami tidak pernah memiliki stok untuk kedua IC ini, harga termurah dari jarak 15K tidak termasuk ongkos kirim, ada juga harga pengiriman gratis 5K tetapi tunggu 1 bulan. Untuk memodifikasi IC, ia membutuhkan uji coba dan kesalahan (percobaan) tetapi harus dilakukan dengan hati-hati. Kesalahan bisa berakibat fatal. Jika dimodifikasi menggunakan transformer konvensional lebih aman untuk menggunakan 2 transformer yang kami buat adaptor terlebih dahulu.
Gb.2. IC power suplai samsung sinverter
Untuk 2QR2280Z IC data dapat Anda lihat data di Internet.
Pada Gambar 2 di atas bukan skema aktual pada modul. Sebenarnya ada 3 output tegangan, yaitu 5V dan 12V yang merupakan tanah dan 17V yang merupakan jalur yang berbeda. Micom IPM dan jalur mekanis catu daya diambil dari 17V menggunakan IC on-off L78M15 (atau sejenisnya, terdiri dari 4 pin, salah satu kakinya sebagai kontrol on-off), kemudian dikurangi menjadi 7812 dan 5V 7805. Mati dilakukan oleh Micom Dispai melalui Photocoupler (PC).

Yang paling sulit adalah ketika transformator switching terbakar atau rusak. Kita dapat mengulangi transformator tetapi jika kita dapat memodifikasinya dengan menggunakan 2 transformer konvensional.
1. Kami membuat adaptor 15V kemudian dikurangi 7812 dan 7805 untuk pasokan tegangan untuk ditampilkan.
2. Kami membuat adaptor 18V untuk HPM Relay dan IC.

Jika hanya catu daya IC rusak dan kami tidak memiliki IC pengganti yang sama maka kami dapat menggantinya dengan kit catu daya yang kami gunakan untuk menyebutnya 5 celah kabel karena outputnya stabil dan ada garis fotocoupler. Kami menggunakan 3 celah kabel hanya untuk menguji, kami jarang menginstalnya dalam modul kecuali jika harus dipaksakan dan harus menggunakan IC regulator di bagian output sebagai keamanan lonjakan tegangan.

Masalahnya muncul jika kita menggunakan kesenjangan kabel 5 pada modul ini adalah suara naksir pada transformator switching meskipun tegangan output tetap stabil, abaikan saja tetapi jika Anda ingin menghilangkan hal-hal yang kami lakukan adalah memodifikasi bagian kaki 1 dan 2 photooupler.

Jadi kami membahas kali ini maaf jika ada hal-hal yang tidak benar dan jika ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar atau melalui obrolan wa. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "SKEMA POWER SUPLAI LG INVERTER DAN SAMSUNG"