Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MASALAH AC SAMSUNG MOTOR INDOOR TIDAK BERPUTAR

Dinamo Indoor Fan Samsung AC tidak berputar. Kembali ke modul AC lagi, bertahun-tahun telah mengalami kipas dalam ruangan AC Samsung Dinamo tidak dapat bekerja atau memutar pada modul sisi ganda (top-down) dan sebagian besar komponen SMD. Sistemnya sama dengan modul lain tetapi kualitas komponen mungkin berbeda.

MASALAH AC SAMSUNG MOTOR INDOOR TIDAK BERPUTAR

Uji coba awal pada motor atau dinamo dengan membawanya ke listrik, sepeda motor dapat memutar secara normal. Selanjutnya pada SSR (Solid State Relay) 4 kaki, kotak, di mana jenis driver SSR ini dikemas dalam paket SSR. Kaki 1 dan 2 adalah input listrik, kaki 3 adalah VCC (dalam modul ini ditambah 12V) dan kaki 4 adalah fungsi negatif (input kontrol kecepatan motor).

Jenis pengujian SSR ini adalah untuk menghubungkan kaki nomor 4 ke ground, dengan aman menggunakan resistor 5 ohm atau 10 ohm. Hasil kami ternyata SSR rusak. Mungkin di pasar masih jarang menjual jenis SSR ini, Anda juga dapat menemukannya di tempat barang bekas. Di pasar online, dapat dipastikan, lebih murah di negara online "tirai bambu".
Modul Samsung Double Side
Setelah mengganti kipas motor SSR masih tidak ingin berjalan, sampai ada dua kemungkinan, yaitu sinyal dari micom (pin 35) sensor bermasalah atau listrik (AC detect) yang memiliki masalah. Sinyal dari micom dalam bentuk tegangan positif kemudian menuju transistor NPN SMD, kaki kiri adalah basis (sinyal positif mikom) bagian atas midfoot adalah seorang kolektor (terhubung ke kaki negatif 4 SSR) dan Kaki kanan adalah emitor (terhubung ke tanah).

Cara menganalisis jika basis pangkalan adalah tegangan yang seharusnya dari kaki SSR angka 4 tegangan yang diukur harus di bawah 12V, jika kecepatan motor penuh (kecepatan penuh), tegangan angka 4 mendekati jauh di bawah 12V, itu juga dapat dekat dengan 0 (nol). Dari sini kami menyimpulkan transistor rusak karena kaki dasar tegangan tetapi kolektor kaki tetap 12V.

Penggantian transistor ini dapat digantikan oleh transistor biasa misalnya C945 atau C1815 tetapi instalasi cukup sulit, stok biasa untuk SMD adalah S8050 dan S8550, untuk teman-teman Anda yang pernah mengetahui modul DVD untuk mengetahui transistor ini meskipun ada bedanya Apakah tipe biasa (to-92) basis di tengah, dimana SMD di sebelah kiri, ada juga modul inverter pengelasan yang menggunakan jenis SMD jenis ini. Setelah mengganti transistor, motor kipas berputar secara normal.

Sampai di sini kasusnya selesai dan tertutup 😅😅.

Pertanyaan selanjutnya, jika sinyal dari Micom tidak keluar. Kami telah membahas hal ini pada diskusi masa lalu pada modul yang berbeda. Micom tidak mengeluarkan sinyal sepeda motor yang disebabkan oleh micom yang rusak, perangkat lunak korup dan sensor listrik (AC detect) bermasalah. Untuk kerusakan dan perangkat lunak MICOM Sudah waktunya bagi kami untuk menerbangkan bendera putih, "menyerah".

Sensor listrik pada modul ini diatur oleh resistor SMD dan optocoupler, masalah optocoupler atau phoroupler (PC) yang digunakan adalah jenis dua arah berarti tegangan input (kaki 1 dan 2) adalah tegangan AC (arus bolak), Optocoupler dari jenis ini juga masih jarang pasar, kode PC814 sama dengan yang digunakan dalam sensor putaran sepeda motor dinamo pada modul mesin cuci Samsung.

Dapat PC814 dapat diganti dengan PC817, dalam modul mesin kami telah mencobanya dan berhasil, tetapi kami mencobanya di modul pemuatan depan itu tidak berfungsi, baik dalam modul AC ini karena jika rusak kami memiliki stok PC814.

Tegangan yang terukur pada Kaki 1 Optocoupler terhadap 2 kaki adalah 1 VAC on Foot 3 adalah 0 (Groud) dan On Foot 4 adalah kisaran 1-2 VDC. Jika optocoupler atau resistor garis listrik rusak, tegangan kaki 4 kaki dekat dengan 5VDC. Perlu diingat, ada modul lain yang menggunakan sistem yang berbeda, nomor kaki 3 adalah 5V, tentu saja cara kerjanya akan berbeda.

Sinyal output optocoupler akan diproses lagi oleh transistor, memasuki kaki dasar, pada titik ini mungkin setiap modul akan berbeda ada yang menggunakan sistem rendah atau tinggi tergantung pada sistem micom. Rendah jika kaki emitor tanah dan tinggi jika kaki emitor adalah 5V.

Kolektor kaki biasanya output ke Micom. Sensor listrik atau AC mendeteksi yang kami diskusikan secara umum digunakan tetapi ada beberapa modul baik AC dan mesin cuci yang menggunakan sistem yang berbeda, jika ada kemungkinan kami akan membahas waktu berikutnya.

Penting: Sebelum melangkah lebih lanjut memeriksa voltase kerja modul harus sepenuhnya normal dan stabil. Umumnya tegangan 12V dan 5V. Seringkali kita bertemu dalam modul AC Midea atau Changhong meskipun modul hidup secara normal tetapi ruang terbuka tidak ada pekerjaan yang disebabkan oleh tegangan yang harus 12V hanya ada 6V sehingga tidak dapat memasok relai sehingga relay tidak kerja. Tegangan Micom 5V masih normal karena pasokan 6V diatur dengan 7805 dan masih dapat memasok micom.

Hanya jadi kali ini diskusi kali ini, maaf jika ada hal-hal yang tidak benar dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silakan di kolom komentar atau melalui obrolan wa.

Post a Comment for "MASALAH AC SAMSUNG MOTOR INDOOR TIDAK BERPUTAR"