Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MESIN CUCI AQUA MATI TOTAL DAN ERROR E2, E3, E4, FA

Salam sejahtera untuk Sobat semua. Sudah terasa lama kami tidak menulis bahasan, alasannya sudah pasti kesibukan full day. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.

Pada kesempatan kali ini kami membahas sedikit mengenai modul mesin cuci Aqua. Modul mesin cuci ini (AQW-810DD) lumayan ribet juga untuk membuka jalur pcb modulnya, modul ada dua tetapi tempatnya (box) menyatu sehingga untuk membuka jalur pcb modul harus mencongkel salah satu modul kemudian bagian modul satunya bisa kita potong plastik boxnya. Selama ini kami tidak menganjurkan congkel-mencongkel pcb modul dalam perbaikan modul namun bila terpaksa maka kami potong dulu bagian samping plastik box modul dengan mata solder pipih kemudian modul dicongkel dari samping dengan dua buah obeng minus. Ujung obeng (mata obeng) tidak mengarah ke modul tetapi ke plastik bawah modul sehingga tajamnya ujung obeng tidak melukai jalur maupun komponen-komponen. 

Daftar isi:

  1. Mati Total
  2. Error E2
  3. Error E3
  4. Error E4
  5. Error FA


1. MATI TOTAL

Trobel sebenarnya pada modul ini adalah tidak bisa "on" dan hanya terdengar suara relai "tik-tik" saja. Setelah modul terbuka ternyata memang tegangan output power suplai berdenyut, perkiraan rata-rata 7 volt. IC power suplai yang digunakan adalah STR A6059 namun sayangnya kami belum punya stok untuk ic tipe ini. Akhir-akhir ini kami memang berpikir kembali tentang stok yang tepat untuk modifikasi power suplai agar hasilnya tahan lama dan stabil. Setelah sekian lama di modul kontrol beserta suka dukanya menangani power suplai dengan beraneka ragam jenis ic power suplai mulai dari yang murah sampai yang mahal maka akhirnya kami putuskan hanya stok "trafo setengah amper" untuk pembuatan adaptor dan "kit suplai 5 kabel".
Gb.1. Modul Mainboard

Berikut ini adalah skema sederhana dari power suplai pada modul jenis ini, kami memodifikasinya dengan menggunakan kit power suplai 5 kabel yang banyak dipasaran dengan harga yang murah. Bagian yang dilepas hanya ic power suplai aslinya saja.

Gb.2. Power Suplai modul Aqua AQW-810DD

Pada gambar 2 diatas bisa kita lihat bahwa power suplai hanya menggunakan 2 buah dioda untuk catu daya utama dc dari tegagan ac 220V. Karena kami kehabisan stok ic power suplai STR-A6059 maka kami menggunakan kit power suplai 5 kabel (gacun 5 kabel), cara pasangnya seperti pada gambar di atas. Apakah power suplai daya rendah bisa menggunakan kit power suplai ini? Tentu jawabannya adalah "tergantung" yaitu tergantung sistem yang digunakan dan tergantung kemampuan kita memodifikasinya. Misalnya pada power suplai mesin cuci samsung inverter yang menggunakan STR-A6059 bila kita langsung ganti dengan gacun 5 kabel hasilnya tidak normal maka harus dimodifikasi pada bagian driver optocouplernya.


2. ERROR E2

Error E2 adalah error yang berhubungan dengan door switch, bila error ini muncul maka coba kabel sensor dijumper langsung saja.

3. ERROR E3

Error E3 adalah error yang berhubungan dengan lamanya proses pembuangan air ketika proses bilas (rinse) maupun pengeringan (spin). Jadi micom membaca bahwa air tidak terbuang atau masih ada genangan air di dalam drum yang terbaca oleh water level. Bila error ini muncul maka yang harus di cek adalah motor drain, water level control serta soket dan kabelnya, cek selang selang water level dan salurannya di dalam drum mungkin tersumbat.

4. ERROR E4

Error E4 adalah error yang berhubungan dengan lamanya pengisian air ketika proses pencucian (wash). Bila error ini muncul maka yang harus dicek adalah solenoid serta kabelnya, aliran air, filter solenoid.

5. ERROR FA

Error FA adalah error yang berhubungan dengan sensor water level control (wlc) bila error ini muncul maka yang harus dicek adalah water level serta soket dan kabelnya. 

Selain pengecekan pada bagian luar dan bila sudah dipastikan tidak ada masalah maka pengecekan berikutnya adalah pada modul kontrol terutama tegangan output power suplai yaitu 12V dan 5V. Intinya pengecekan pada output power suplai adalah hal penting, hal ini dilakukan pada awal pengecekan modul kontrol. Pengecekan berikutnya adalah pada jalur masing-masing sensor yang berhubungan dengan error yang tampil di displai digital.

Demikian bahasan kami pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "MESIN CUCI AQUA MATI TOTAL DAN ERROR E2, E3, E4, FA"