Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MESIN CUCI ELECTROLUX TIDAK KERJA, ERROR E30

MESIN CUCI ELECTROLUX TIDAK BEKERJA SETELAH START

Apa kabar Sobat semua? Semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan.

Bahasan berikut ini hanya sebagai pengumpulan data saja daripada hanya kami tulis di buku manfaatnya hanya untuk kami tapi kalau kami posting di blog mungkin ada Sobat yang membutuhkan dan Sobat bisa mengembangkan data yang kami peroleh.

Mesin cuci electrolux dan merek lain yang modulnya setipe memang melelahkan dalam pengerjaannya jalurnya yang melalui bawah komponen lebih-lebih yang pcb-nya dua sisi (double side). Ada beberapa kasus sampai saat ini belum terpecahkan yaitu putaran motor lambat saat proses spin, motor tidak berputar serta relai putaran kanan kiri tidak bekerja.

Kali ini kami akan bahas sedikit mengenai mesin cuci electrolux EWF984 di mana trobelnya setelah ditekan start (led start/pause menyala) beberapa detik kemudian kembali ke posisi standby (led start/pause berkedip), tidak ada tampilan error di displai digital tetapi setelah listrik dicabut dan beberapa detik kemudian di colokan lagi maka dilayar displai digital menampilkan error E30. Kode error hanya sebagai acuan awal pengerjaan, bagi kami kebenaran kode error adalah 75% sedangkan 25% lagi adalah faktor pendukung external yang mempengaruhi pembacaan micom. Tidak hanya pada modul mesin cuci, modul AC pun sama terutama yang tipe inverter.

Dari kode error yang tampil tentunya kitapun sama langsung tertuju pada tabel kode error dimana E30 adalah pompa tidak bekerja. Tetapi terkadang pompa bisa bekerja dan motorpun berputar sesat kemudian error lagi ditandai dengan led start/pause kedip-kedip dan semua tombol tidak aktif. Kami pernah menulis tentang kode error electrolux versi lama, Sobat bisa baca disini. Dari hasil pengecekan kami baik pompa, ic acs dan jalurnya semuanya tampak normal-normal saja. Door lock pun berfungsi dengan normal.  Kode error bisa dikatakan benar bahwa E30 adalah trobel pada pompa atau pompa tidak kerja tetapi faktor yang menyebabkan sinyal ke driver pompa tidak dikeluarkan oleh micom itu juga penyebabnya. Contoh kasus yang sama seperti pada modul AC, ketika fan motor tidak kerja maka akan terjadi error, penyebab ic micom tidak mengeluarkan perintah kerja pada driver fan motor karena jalur sensor listrik (ac detector) yang bermasalah.

Mesin cuci tipe ini menggunakan doorlock (DL) 4 pin dimana ada elemen pemanas bimetal untuk menggerakkan kontaktor pada posisi menutup (hubung) dan ada solenoid untuk mengatur membuka-menutupnya kontaktor, mengenai DL jenis ini kami pernah membahasnya, silakan baca disini.

Kami sudah memastikan 75% jalur pompa kondisinya baik-baik saja, tinggal mencari 25% faktor lain. Perlu diingat bahwa error yang berhubungan dengan tidak bekerjanya beban pasti ada hal lain yang mempengaruhi micom sehingga micom tidak mengeluarkan sinyal kerja menuju driver masing-masing beban. Disinilah tantangan terberat karena butuh kesabaran dan ketelitian. Sayangnya kami tidak sempat mengumpulkan data tegangan pada masing-masing sensor di modul.

Gb.1. Modul Kontrol
Semua sensor tegangan terdiri dari 3 buah resistor yang dihubungkan seri dengan ukuran masing-masing 154 atau 150 kiloohm. Keterangan masing-masing nomor adalah sebagai berikut:

  1. Sensor output acs/triac ke doorlock
  2. Sensor output acs/triac ke pompa
  3. Heater terpasang
  4. Output water level control (WLC)
  5. Saklar putar ON
  6. DL out
  7. Sensor output relai ke heater
  8. Sensor output triac ke motor
  9. Soket tacho dan thermis
  10. Jalur 12V ke jalur sensor heater

Bila salah satu dari data diatas ada jalur yang tidak normal maka pasti akan terjadi masalah atau error tetapi kami belum pernah menguji satu per satu error apa saja yang terjadi bila masing-masing jalur diputus. Pada jalur angka 10 tersebutlah terdapat jalur karatan di bawah relai sehingga jalur sensor heater  tidak mendapat tegangan suplai. Ternyata errornya bukan jalur pompa tetapi di jalur heater/pemanas.

Sebagai tambahan data kami sertakan pula data water levelnya sebagai berikut:

Gb.2. WLC (Water Level Control)
Water level (WLC) yang dipakai adalah jenis kontaktor dengan 8 pin dan pin 5 tidak terhubung dengan kabel (NC = not connected). Ada 4 kondisi bila water level kita beri tekanan akan terjadi 3 kali bunyi klik dari tekanan rendah sampai tekanan tertinggi. Data hubung / kontak antar pin adalah sebagai berikut:

A. Kondisi standby= 1-2, 3-5, 7-8
B. Kondisi klik pertama= 1-2, 3-4, 7-8
C. Kondisi klik kedua= 1-2, 3-4, 6-7-8
D. Kondisi klik ketiga= 3-4, 6-7-8

Banyak hal yang masih menjadi tanda tanya dalam beberapa kasus trobel  yang kami hadapi yaitu motor dan relai tidak kerja dan putaran motor lambat saat spin. Dua hal ini menjadi teka-teki yang belum terpecahkan, beberapa sobat memberikan jawaban rusak pada micom atau software-nya, kalau benar begitu maka sudah pasti saatnya untuk  "menyerah".
Adakah di antara Sobat-sobat yang bisa pemrograman Arduino? Bila micom atau software rusak bisa diganti dengan chip Arduino yang telah kita isi dengan bahasa program sesuai alur proses.

Dibidang perbaikan elektronik kita harus selalu belajar dan kerjakan semampunya. Di negeri maju barang rusak dibuang tetapi kita  terlalu kreatif atau terlalu "ngeyel", barang yang rusak saja masih bisa diperbaiki. Kalau prinsip produsennya barang elektronik bukan untuk diperbaiki tetapi diganti baru baik modul saja atau unitnya๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ.

Demikian bahasan kami kali ini, maaf bila hal-hal yang kurang tepat dan semoga bisa bermanfaat bagi Sobat semua.



Post a Comment for "MESIN CUCI ELECTROLUX TIDAK KERJA, ERROR E30"