Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MESIN CUCI SHARP SEMUA LED DISPLAI MENYALA

Salam sejahtera Sobat-sobat yang budiman baik teknisi maupun pembaca, semoga sehat selalu dan dimudahkan segala urusan.

Pada kesempatan kali ini kami bahas sedikit mengenai error pada mesin cuci sharp top loading yaitu semua led displai menyala.

Jangan utak-atik modul kontrol atau unit elektronik bila belum memahami teori dasar elektronik, bisa-bisa kerusakan akan semakin parah bahkan micom mati/rusak lebih-lebih yang modul inverter. Artikel atau video di internet mungkin akan menjadi inspirasi yang kelihatannya tampak begitu mudah mengerjakan seperti apa yang ada di artikel atau video tersebut, bagi yang sudah mahir memang tiada masalah tapi bagi yang belum paham elektronik akan fatal akibatnya. Bukannya kami menggurui tetapi kemampuan elektronik bukanlah hal instan butuh bertahun-tahun untuk menjadi mahir, bahkan yang lulusan teknik elektronik pun butuh waktu untuk "menyesuaikan diri" terhadap  setiap produk. Hal ini kami sampaikan karena begitu banyak modul yang sampai ke tempat kami sudah tambah rusak parah, ada yang patah bahkan ada micom yang rusak.

Kembali ke permasalahan, bila pada modul pada saat dicolokkan ke listrik semua lampu led/displai menyala bisa mengindikasikan ic micom rusak.
Gb.1. Modul Mesin Cuci Sharp
Pada gambar 1 diatas kerusakan modulnya adalah semua led displai dan angka digital (seven segmen) menyala semua pada saat diberi tegangan listrik. Disebabkan karena micom rusak, jalur 5v short/konslet terhadap ground meskipun tidak konslet penuh. Begitu juga pada jalur sensor listrik konslet terhadap ground. Penyebab internalnya adalah ketidakstabilan listrik atau power suplai, bisa juga karena komponen mikro di dalam micom sudah mencapai batas usia. Penyebab externalnya adalah terjadinya konslet pada jalur kabel listrik terhadap jalur ground (0V) micom (misal kabel water level), bisa juga karena adanya triac jebol pada modul yang tidak memakai ic array misal uln2003.
Video tampilan error

Pada video diatas menunjukkan pada saat modul diberi tegangan listrik muncul huruf Ic kemudian semua led menyala dan semua beban aktif dimulai dari solenoid ⇒ motor kanan-kiri ⇒ motor drain kemudian berhenti total dan semua tombol nonaktif. Sepintas seperti aktifnya "test mode".

Sudah kepikiran 50% bahwa micom rusak entah di software atau hardwarenya. Kami tidak tahu arti dari Ic apakah  "internal corrupt" atau arti lain, ada teman kami yang komentar "liquid control" karena ketika kami putus jalur output ic water level tidak muncul kode error, ada juga yang komentar "led control". Jadinya main tebak-tebakan.

Kami tidak tahu kerusakan awalnya karena tim kami di lapangan menjumpai  modul ini sudah dalam kondisi dicongkel dari box-nya dan sudah di solder ulang semua. Karena penasaran kami cek modul ini 3 jam penuh baru menemukan solusinya.
Gb.2. Modul Sharp China
Awalnya kami cek sensor listrik (ac detector), tegangan sampai ke micom kisaran 2,2V bila jalur ini diputus tiba-tiba muncul error EA, kami menduga dan berharap bahwa micom kemungkinan masih waras 😁😁😁.

Berikutnya kami cek ic memori yaitu 24C02 tipe smd, ketika ic memori kami lepas dan modul kami beri tegangan listrik tiba-tiba muncul error E9, kalau ini tambah ilmu ternyata kalau ic memori mati atau rusak akan muncul E9.

Berikutnya kami cek pada bagian led dan displai digital (seven segmen), mungkin Ic adalah led control. Displai tidak menggunakan ic tersendiri hanya menggunakan transistor sebagai saklar saja yang inputnya dari micom menuju kaki basis transistor. Semua transistor dan led bila diukur tampak normal, makin pusing saja. Modul jenis ini sebenarnya sangat simpel. Harga modul tiruannya kisaran Rp350k. 

Iseng-iseng saja, kami cabut pin displai digital jalur 5V, ketika modul diberi tegangan listrik tampilan Ic masih tampak tetapi bagian bawah huruf I tidak nyala, setelah itu semua led padam, semua tombol aktif dan proses pencucian berjalan normal. Hanya masih ada masalah bagian bawah angka seven segmen tidak menyala.
Untuk mengatasi ini kami coba pakai dioda yang arahnya dari kaki seven segmen jalur 5v menuju jalur 5v dan hasilnya memuaskan, hurup Ic tidak tampil lagi dan bagian bawah seven segmen menyala meski agak redup.
Gb.3. Modifikasi
 Dari paparan kami diatas betapa panjang pengecekan sebuah modul namun tidak selamanya begitu, hal ini berlaku hanya kasus baru dan tertentu saja . Pada umumnya pengerjaan modul pada kasus yang kami sudah punya datanya dan sudah kami tulis di blog ini, biasanya kisaran waktu 2 jam termasuk uji cobanya dengan catatan ada stok onderdil. Untuk kasus baru dan rumit bisa memakan waktu berhari-hari, dengan estimasi 3 jam per hari.

Kami fokus di modul control karena modul control adalah monopoli produsen itu pendapat kami semata. Sebelum tahun 2012 segalanya tampak mudah dan murah karena pembelian onderdil di service center masih dilayani. Sejak 2012, kami menempuh jarak yang jauh hanya untuk beli tuner tv seharga Rp40k, tetapi ternyata kami tidak dilayani dengan alasan pembelian sparepart sudah tidak dilayani. Kita menjadi kreatif dan modifikatif kalau sudah terjepit alias kepepet. Teknisi jalanan seperti kami selalu bertekad "perbaiki dan modifikasi",  sampai-sampai spider atau segitiga drum saja diperbaiki 😁😁😁.

Okey Sobat cukup sekian dulu bahasan dan curhatnya, maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat. Semoga ada manfaatnya meskipun kasus yang kami bahas tersebut jarang terjadi.


Post a Comment for "MESIN CUCI SHARP SEMUA LED DISPLAI MENYALA"