Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MODUL AC LG INVERTER

Salam sejahtera untuk sobat semua dan semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemudahan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai salah satu ac inverter merek LG pada modul indoor maupun outdoor sebagaimana yang kami janjikan pada bahasan sebelumnya. Pembahasan tidak spesifik pada kasus tertentu saja namun lebih pada pengumpulan data.

A. Bagian Indoor
  1. Thermis ruang = 9,5 (10) kiloohm
  2. Thermis pipa = 4,5 (5) kiloohm
  3. Sensor listrik (ac detector) normalnya tegangan 0V di kaki photocoupler nomor 3 dan 4, tegangan di  kaki kolektor transistor 4V menuju micon (micro control)
  4. Fan motor menggunakan motor kapasitor bukan motor inverter, sensor fan motor (sensor hall) output tegangan (Vout) kisaran 2V.
  5. Jalur komunikasi data. Jalur ini bila kita ukur terhadal L maupun N listrik normalnya tampak bergetar naik turun  atau berdenyut pada skala 250 Vdc tester analog (jarum). Memakai sistem dua arah (Rx-Tx) yang dijadikan satu sinyal
  6. IC PSU menggunakan TNY285, output tegangan adalah 12V untuk relai dan dinamo swing, tegangan 5V untuk micon diperoleh dari 12V dengan menggunakan ic regulator 7805.
  7. Jalur listrik L ke outdoor dikendalikan menggunakan relai

Gb.1. Modul Indoor AC LG Inverter
B. Bagian Outdoor
Kami belum menguji semua error yang ada pada modul tipe ini karena keterbatasan waktu kami.
  1. Themis udara = 9 kiloohm
  2. Thermis pipa kondensor = 4,5 kiloohm
  3. Thermis pipa kompresor = 170 kiloohm
  4. Fan Motor menggunakan motor kapasitor bukan inverter
  5. IC PSU menggunakan STR5A164D, tegangan output 12V untuk relai, 15V untuk IPM dan tegangan 5V diperoleh dari 12V dengan 7805 untuk micom
  6. Komunikasi data memakai sistem dua arah (Rx-Tx) yang dijadikan satu sinyal
  7. Sensor listrik (ac detector)
  8. Sensor tegangan 300Vdc (dc detector)
  9. Kode IPM belum diketahui.

Gb.2. Modul Outdoor Tampak Bawah
Gb.3. Modul Outdoor Tampak Atas
Beberapa error pada led pcb modul outdoor:
  1. Kedip 2 kali kemudian 3 kali (2-3) secara berulang, hal ini menunjukkan micom membaca bahwa tegangan 300Vdc bermasalah (lemah atau tidak stabil). Pada gambar 2 label nomor 5
  2. Kedip 2 kali kemudian 6 kali (2-6) secara berulang, hal ini menunjukkan micom membaca bahwa tegangan sensor 5V ke micom bermasalah. Pada gambar 2 label nomor 7
  3. Kedip 2 kali kemudian 9 kali (2-9) secara berulang, hal ini menunjukkan micom membaca bahwa resistor penghubung kaki ground (Vss) IPM ke ground 300Vdc putus.
  4. Kedip 2 kali kemudian 1 kali (2-1) secara berulang, hal ini menunjukkan micom membaca bahwa IPM tidak kerja. Trobel pada IPM yang rusak, kompresor macet/rusak, tegangan 300Vdc, tegangan 15Vdc, Resistor common (penghubung ground) putus, tegangan 5Vdc ataupun sinyal u-v-w dari micom.

C. Komunikasi Data

Komunikasi data menggunakan sistem dua arah menggunakan 2 buah photocoupler (PC) dimana micom indoor selain memberikan perintah ke micom outdoor ia juga menerima informasi yang dikirimkan oleh micom outdoor mengenai keadaan unit outdoor. Apabila ada masalah pada unit indoor maupun outdoor maka micom indoor akan mengeluarkan sinyal error. Kami belum bisa menyertakan data mengenai kode error pada unit ini yang ditandai dengan kode kedip dan kami tidak sempat menguji satu per satu bila sensor ataupun tranduser kami nonaktifkan (dilepas) karena terbatasnya waktu. Silakan cek kode error di situs resminya sebagai langkah awal mencari letak trobel.
------------------
Catatan: Jangan utak-atik modul kontrol bila belum menguasai teori elektronik, akibatnya akan fatal. Bagi kami modul adalah barang mahal yang harus diperlakukan sebaik-baiknya kecuali bagi yang bisa beli tidak akan menjadi masalah.

Hal penting juga adalah mengambil gambar (memfoto) bagian-bagian soket kabel sebelum melepasnya dari modul kontrol maupun koneksi kompresor. Jalur U-V-W pada kompresor jangan sampai tertukar karena bila tertukar biasanya kompresor tidak kerja, sesuaikan dengan label koneksi yang ada di modul, kompresor maupun di wiring set.

Demikian bahasan kami kali ini bila ada hal yang kurang tepat harap dimaklumi karena keterbatasan pengetahuan kami dan kami berharap bahasan kami bermanfaat untuk kami dan sobat semua.

Bahasan berikutnya mengenai ac polytron inverter dengan tipe berbeda dengan modul yang pernah kami bahas pada bahasan terdahulu.


Post a Comment for "MODUL AC LG INVERTER"