Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MODUL AC POLYTRON INVERTER

Salam sejahtera untuk Sobat semua, semoga selalu diberi kesehatan dan dimudahkan segala urusan, tetap semangat, berdoa dan optimis kita bisa melalui pandemi saat ini.

Bahasan kali ini kita akan mengamati sedikit tentang modul ac polytron inverter awal trobel muncul kode error E5, awal pengecekan semua bagian di indoor normal semua. Apa yang kami sampaikan hanya sebagai data awal dan masih banyak kekurangan.

A. Bagian Indoor
Gb.1. Modul Indoor Polytron Inverter

Data ukuran thermis terlewatkan, kerja terburu-buru memang tidak baik tetapi waktu pengerjaan benar-benar terbatas ukur thermis saja terlewatkan. Kami hanya sempat mencatat beberapa error yang muncul di displai:

E1 = thermis udara
E2 = thermis pipa
E3 = fan tidak terdeteksi
E5 = komunikasi data

Power suplai memakai trafo konvensional yang outputnya 15V, tegangan 12V diperoleh dengan memakai 7812 dan tegangan 5V diperoleh dengan memakai 7805. Fan indoor menggunakan motor kapasitor dan menggunakan sensor putaran motor atau de effecto hall. Kami juga luput mengamati sensor listrik (ac detect) tetapi biasanya bila power suplai menggunakan trafo konvensional sensor listrik diambil dari output trafo ataupun dari tegangan plus setelah dioda bridge.

B. Bagian Outdoor
Gb.2. Modul Oudoor Tegangan 300VDC
Pada bagian outdoor untuk tegangan suplai 300VDC awalnya melalui ptc sebagai soft start dan jalur 300VDC menggunakan trafo lilitan dan kapasitor 450v/10uF sebagai filter sinusoid. Pada saat power suplai bekerja normal maka tugas ptc diambil alih oleh relai. Apabila ada bagian pada jalur 300VDC ada yang konslet maka ptc akan menjadi panas dan bisa terbakar. Apabila power suplai normal dan micom juga normal maka micom akan segera memerintahkan relai untuk bekerja sehingga listrik langsung (bypass) melalui kontaktor di dalam relai dan ptc menjadi nonaktif. Kipas outdoor mempunyai dua kecepatan yaitu low dan high yang koneksi listriknya masing-masing memakai relai yang bekerjanya menurut pendinginan kondensor yang diinginkan oleh micom dari data suhu yang diambil dari perubahan resistensi thermis.

Gb.3. Modul Outdoor Kontrol
IC power suplai menggunakan STRA6059, output power suplai adalah 15V untuk IPM (Intelligence Power Module) dan 12V untuk relai sementara tegangan 5V untuk micom diperoleh dari 12V dengan menggunakan ic regulator 7805.
Ukuran thermis pada bagian outdoor adalah sebagai berikut:

Thermis pipa kompresor = 62 kiloohm
Thermis pipa kondensor = 5,5 kiloohm
Thermis udara = 61 kiloohm

Untuk pengujian error thermis belum kami lakukan.
Sebelum melakukan pelepasan modul sebaiknya kita foto dulu setiap letak soket baik di modul kontrol maupun konektor di kompresor (UVW) karena bila salah pasang akibatnya bisa fatal.

C. Komunikasi Data

Jalur komunikasi data adalah bagian penting juga, jalur ini sebagai jembatan antara micom indoor dan outdoor untuk berkomunikasi. Bila jalur ini bermasalah maka di layar displai indoor akan muncul kode error E5, bagian ini ada beberapa komponen baik di indoor maupun outdoor biasanya terdiri dari Resistor, Dioda, Elko/kapasitor dan Photocoupler (pc). Pemasangan kabel data jangan sampai konslet dengan jalur L, N atau Ground body.

Apakah E5 disebabkan hanya oleh jalur komunikasi data? Jawabannya tentu tidak, hal lain yang menyebabkan munculnya kode error E5 adalah bagian power suplai tidak kerja (mati) sehingga kedua micom tidak bisa berkomunikasi atau micom rusak. Jadi sebelum melakukan pengecekan lebih lanjut hal terpenting adalah memastikan tegangan output power suplai benar-benar normal dan stabil. Begitu juga dengan tegangan listrik karena komponen-komponen bagian komunikasi data terhubung ke listrik langsung dan jalur ke micom dihubungkan oleh dua buah photocoupler. Photocoupler yang digunakan umunya adalah tipe directional (searah) semisal PC817.
=======
Hal-hal yang kami sampaikan di atas hanya bersifat umum pada modul imverter, ada beberapa merek yang memakai sistem modul lebih rumit sedikit ada tambahan sensor koneksi ke outdoor, misalnya yang memakai relai untuk koneksi listrik ke outdoor ketika relai tidak kerja atau beban outdoor konslet atau short sehingga arus ke outdoor melebihi batas ketentuan desain unit maka akan terjadi protek ataupun error, disisi lain trobel justru pada komponen bagian sensor detector outdoor, contoh modul yang memakai sistem ini adalah pada merek Daikin pada beberapa tipe termasuk yang bukan inverter. Semakin canggih dan rumit suatu sistem maka ia akan semakin cepat rusak

Demikian bahasan kami kali ini maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "MODUL AC POLYTRON INVERTER"