Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERBAIKI MODUL MAGICOM, DIGITAL RICE COOKER

Salam sejahtera untuk Sobat semua, teknisi maupun pembaca yang budiman. 

Sepintas mungkin sebagian orang menganggap sepele tentang magicom, kadang kita menolak bila diminta memperbaiki magicom atau rice cooker tetapi ternyata saat ini memperbaiki modul magicom sebanding sulitnya dengan memperbaiki modul ac splite standard atau bahkan lebih sulit, beda pada hasil outputnya kalau ac pada pendinginan tetapi kalau magicom pada pemanasan (heating) dan penghangatan (warming).

Penggunaan modul kontrol pada magicom kemungkinan diharapkan proses pemanasan dan penghangatan lebih akurat karena pembacaan suhu memakai thermistor tetapi disisi lain kesulitan bagi teknisi adalah pada proses perbaikannya yaitu pada sparepart terutama thermistor. Kami pernah menangani berbagai merek magicom yang menggunakan modul kontrol dari pengamatan kami memang sangat menyulitkan bila thermis rusak yaitu pada kasus nasi belum matang tetapi proses pemanasan sudah berhenti atau nasi sudah matang tetapi proses pemanasan masih terus berlangsung akhirnya nasi menjadi gosong atau juga pemanas yang untuk menghangatkan tidak berfungsi sehingga nasi cepat basi atau berair. Sementara untuk diubah ke sistem manual juga sulit meskipun bisa tetapi butuh kerja keras.

Setiap merek punya model modul tersendiri ada yang sederhana adapula yang sangat rumit, dalam bahasan kali ini kami akan mengulas salah satu merek yaitu philips.

Gb.1. Modul displai

Pada gambar 1 adalah modul kontrol dan displai pada magicom atau digital rice cooker meski kenyataannya bukan hanya sebagai penanak nasi. Kerusakan pada bagian yan sering terjadi adalah:
  1. Tombol rusak baik konslet ataupun hilang kontak saat ditekan atau hilang kontak sebagian sehingga misal ditekan tombol fungsi A justru hasilnya fungsi B yang aktif seperti halnya pada televisi misal ditekan tombol volume justru chanel berpindah atau sebaliknya. 
  2. Lampu led mati atau pun led konslet.
  3. Crystal atau x-tal rusak.
  4. IC program (micom) rusak disebabkan karena adanya konslet pada bagian yang terhubung ke kaki-kaki ic bisa juga disebabkan karena tegangan 5V tidak stabil atau pun tegangan kerja micom melebihi 5V.
Gb.2. Modul Power Suplai

Pada gambar 2 dapat kita lihat bagian power suplai, relai 12V sebagai saklar pemanas utama atau pemasak, 2 triac pemanas warmer (penghangat) lingkar (belt) dan atas, soket thermis heater utama dan thermis atas. Pengukuran pada kedua thermis menunjukkan hasil bahwa ukurannya sama yaitu 75 kiloohm. Semoga pada waktu ke depan thermis jenis ini akan ada di pasaran karena saat ini kami belum bisa mendapatkannya di pasaran. Thermis dengan tahanan (resistensi) besar masih sangat sulit didapatkan sebagaimana halnya pada unit AC.

Gb. 3. Power Suplai model buck

Jalur listrik sebelum masuk ke power suplai biasanya melalui thermo fuse yang letaknya dibawah tonjolan tengah-tengah pemanas utama, ada yang memakai 1 themo fuse hanya pada 1 jalur listrik, ada juga yang memakai 2 thermo fuse pada jalur L (line/fasa) dan N (netral) listrik. Pada umumnya power suplai yang digunakan adalah model buck atau DC-DC Converter seperti pada gambar 3 di atas. Gambar 3 hanya sebagai contoh skema power suplai model buck saja bukan power suplai pada modul yang kami bahas.

Power suplai model buck dipakai juga pada beberapa modul mesin cuci, air cooler dan lain-lain. Sistem kerjanya merubah tegangan tinggi dc menjadi 12V atau 5V tergantung kebutuhan, resikonya modul power suplai jenis ini adalah adanya sengatan listrik bila kita menyentuh jalur di modul tanpa pelindung. Jadi harus extra hati-hati bila mengerjakan perbaikan modul model seperti ini, bagian primer dan skunder ada hubungan tidak terpisah. Secara kasat mata modul yang terhubung ke tegangan tinggi adalah kontrol beban menggunakan triac/acs sehingga besar kecilnya tegangan/arus ke beban bisa dikontrol. Berbeda dengan kontrol beban yang menggunakan relai dimana tegangan/arus ke beban dalam kondisi full sesuai kebutuhan beban.

Kesulitan yang kita hadapi pada kerusakan power suplai adalah sulitnya mendapatkan ic power suplai di pasaran, solusi paling mudah adalah dengan injek power suplai external misalnya dengan adaptor atau psu dvd bila yang dibutuhkan 12V dan bila yang dibutuhkan hanya 5V kita bisa menggunakan charger hp dengan amper yang besar misal 2A atau 3A.

Jangan mencoba-coba perbaiki modul kontrol bila belum paham elektronik karena berita yang sampai kepada tim kami adalah ada seseorang masuk rumah sakit gegara tersengat listrik pada saat mencoba perbaiki mesin cuci otomatis top loading dan ternyata dia belum paham elektronik juga belum paham sistem kerja modul mesin cuci. Kalo hanya bermodal pada info internet ataupun video U-tube silakan saja mencoba-coba dan resiko tanggung sendiri.

Berikut ini kami sertakan juga foto modul dispenser merek electrolux,


Gb.4. Modul magicom electrolux

Cukup sekian dulu bahasan kami kali ini, maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "PERBAIKI MODUL MAGICOM, DIGITAL RICE COOKER"