Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WATER LEVEL CONTROL ANALOGIC

Salam sejahtera untuk Sobat semua, semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala hal.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai water level control (wlc) analogic. Bagi kami hal ini penting karena sulitnya mencari komponen jenis ini dan harganya yang bisa dibilang mahal. Kerusakan pada umumnya adalah ic analog rusak ataupun ada komponen lain yang rusak biasanya karena karatan, sering pula kami temui bahwa wlc jenis ini jadi sarang semut yang mengakibatkan ic analog rusak terkena zat asam semut (asam formiat). Kami posting bahasan ini semoga bisa memberi manfaat bagi orang lain meskipun banyak berisi perkiraan karena terbatasnya alat ukur yang kami miliki.

Dalam bahasan ini kami hanya mengumpulkan 4 sampel water level control analogic karena hanya empat tipe itu yang kami dapatkan. Sejak awal menemui kasus trobel yang berkaitan dengan water level jenis ini kami berasumsi bahwa water level jenis ini masih bisa diperbaiki. Disini kami tidak membahas water level merek samsung yang memakai ic 4069 di dalamnya karena kami mengamati bahwa intinya sama saja dengan water level biasa cuma ic pengolah sinyal water level ditempatkan di modul kecil di dalam water level bukan di modul mainboard. Berbeda dengan water level control analogic pada mesin cuci front loading merek sharp, electrolux dan lainnya yang menggunakan ic analog yang berbeda. Beberapa kali kami modifikasi ic analaognya dengan ic analog yang mudah kami dapatkan dipasaran, hasilnya?? Hasilnya masih nihil, apakah ic analognya di-custom? Percobaan memakai ic dengan kode yang sama akan kami lakukan pada beberapa waktu kedepan dan semoga hasilnya memuaskan. Namun bila kerusakan pada bagian selain ic masih bisa diperbaiki dan hal ini sering kami lakukan, bahkan kami pun pernah memodifikasi bagian membran.

Gambar skemanya adalah sebagai berikut:


Sampai saat tulisan ini kami buat kami belum tahu secara pasti ic analog yang digunakan pada water level gambar 1, semoga waktu ke depan kami mendapatkan data ic-nya secara pasti. Pada gambar 2 sampai 4 ada perbedaan komponen dan jalurnya meski ic yang digunakan sama. Besaran bit sinyal analog pada bagian outputnya disesuaikan dengan pembacaan micom yang tentunya sesuai dengan firmware-nya karena ic 74HC4060 mempunyai sinyal output yang variatif pada masing-masing pin outputnya.

Hal penting lainnya adalah kami belum tahu ukuran lilitan sebagai pembangkit oscilasi sebagai inputan pada ic analognya. Dari oscilasi ini maka ketinggian (tekanan) air dapat dideteksi oleh micom melalui pergerakan inti besi yang berada di tengah-tengah lilitan. Kita bisa memodifikasi lilitan dengan mengetahui diameter kawat dan jumlah putaran. Kami bahas hal ini karena kebanyakan teman yang ada di daerah pelosok seperti kami ini sangat kesulitan mencari pengganti water level jenis ini namun dengan adanya toko online saat ini bisa sangat membantu baik yang barang baru maupun barang second. Andai kita masih bisa memperbaiki maka akan menghemat waktu dan biaya.

Akibat dari errornya sinyal output dari water level analog ini adalah setelah modul kontrol mesin cuci di-on-kan maka akan segera muncul error baik dengan kedipan lampu led penanda selesai (End) maupun kode End bila modul kontrol mesin cucinya menggunakan displai digital. Errornya water level  hanya salah satu penyebab error End. Apabila kita menemui error End maka yang harus dicek adalah WLC, sensor DL, sensor pompa, sensor motor (tacho) dan sensor suhu (thermistor). Kelima hal tersebut hanya berlaku pada mesin cuci standard front loading, untuk mesin cuci inverter dan yang lebih banyak sensornya maka penyebab End juga akan lebih banyak.

Bila error End berkenaan dengan water level kontrol maka kita harus memastikan kondisi kabel (Vcc 5v, Ground, Vout) dan soket dalam kondisi yang baik, tegangan 5v harus benar-benar stabil. Tetap kami ingatkan untuk hati-hati dalam melakukan pengukuran pada kondisi modul kontrol menyala karena akan ada sengatan listrik bila kita menyentuh jalur yang berhubungan dengan mainboard.

Demikian bahasan yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini, maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "WATER LEVEL CONTROL ANALOGIC"